Just Share Information and Experience

Monday 30 April 2018

Cara Menghilangkan index.php Pada Url Codeiniter

egan-jy.blogspot.co.id

Bagi pengguna yang masih baru mencoba framework codeigniter ini, pasti nantinya akan merasakan keanehan jika melihat url pada project yang dibuat. Yap, jadi dalam codeigniter jika kita ingin mengakses sebuah controler pada url, harus menyertakann index.php terlebih dahulu baru diikuti dengan nama controler dan nama fungsinya. Kalau menurut saya sendiri hal tersebut lumayan mengganggu sih, karena kurang bagus kelihatannya di mata user nanti yang menggunakan sistem kita. Untuk menghilangkan index.php pada url codeigniter sangat sederhana sekali, dengan menambahkan satu buah file dan memodifikasi file config pada codeigniter.


Pertama yang perlu dilakukan adalah membuat satu file dengan ekstensi ".htaccess" tanpa nama jadi langsung simpan dengan format ".htaccess".

copy script berikut : 

RewriteEngine On
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule ^(.*)$ index.php/$1 [L]

Kemudian simpan pada root project/folder dengan format ".htaccess". Jika masih bingung silahkan lihat gambar berikut : 

egan-jy.blogspot.co.id


Langkah selanjutnya modifikasi sedikit file config.php pada "application->config->config.php"
Cari baris berikut : 

$config['base_url'] , diisi dengan url utama ketika situs atau sistem di akses, contohnya : http://localhost/test_project , disesuaikan dengan settingan dari project kalian.

$config['index_page']='index.php' , hapus index.php dan biarkan kosong sehingga menjadi $config['index_page']=''; Kemudian simpan file config tersebut.

Sudah selesai, sekarang silahkan dicoba test pada browser. Sekian artikel ini, jika masih ada yang belum dipahami, kalian bisa tinggalkan komentar ya..

No comments:

Post a Comment